Telematika

A. Pengertian Telematika
‘Telematique’ adalah bahasa Prancis yang merupakan adopsi untuk kata telematika. Mungkoin saat ini kata telematika tidak asing lagi didengar. Telematika dapat diartikan sebagai bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi.
Kata ‘Telematika’ terdiri dari dua kata yaitu, telecommunication dan informatics dan merupakan perpaduan antara dua konsep, computing dan communication. Selain itu istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Telematics juga sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology).
Brikut ini beberapa persepsi tentang telematika menurut beberapa sumber :
Menurut Pak Moedjiono telematika merupakan konvergensi dari :
Tele = “Telekomunikasi”
Ma = “ Multimedia” dan
Tika = “Informatika”
Sementara menurut Pengantar Telematika pada Mata Kuliah Hukum Telematika Universitas Indonesia tertulis sebagai berikut :
Dalam perkembangannya istilah media dalam telematika berkembang menjadi wacana multimedia. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah multimedia semula hanya merujuk pada kemampuan sistem komputer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambiguitas jika istilah telematika dipahami sebagai akronim telekomunikasi, multimedia dan informatika. Secara garis besar istilah Teknologi Informasi (TI), telematika, multimedia, maupun Information and Communication Technologies (ICT) mungkin tidak jauh berbeda maknanya, namun sebagai definisi sangat tergantung kepada lingkup dan sudut pandang pengkajiannya.
B. Perkembangan Telem


%d bloggers like this: